Tips dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Dihari Jum’at

 Nanggroe, Nasional, Opini
banner 468x60

Tips dan Keutamaan membaca surat Al-Kahfi dihari Jum’at

 

Detektifaceh.com – Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa. Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Mereka hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabiyullah Isa As. Mereka dipaksa menyembah berhala. Namun, para pemuda saleh ini menolak dan lari dari kejaran pasukan raja hingga sampai dimulut gua dan dijadikan tempat persembunyian.

Dari Abu Said al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Darimi  3470 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Dalam riwayat lain, beliau bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim 6169, Baihaqi  635, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, no. 6470)

Maksud diterangi di antara 2 Jumat menurut al-Imam asy-Syaukaniy adalah: ia tetap berada dalam pengaruh dan pahalanya sepanjang waktu seminggu tersebut. Sedangkan al-Qoriy menyatakan bahwa (disinari) hatinya atau kuburnya atau pada hari dikumpulkannya manusia (hari kiamat)(Muro’aatul Mafaatiih syarh Misykaatil Mashoobiih li Abil Hasan Ubaidillah bin Muhammad al-Mubarokfuriy (7/249)).

Bahkan atas izin Allah, orang yang menghafalkan surat Al-Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal. Dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Siapa yang menghafal 10 ayat pertama surat Al-Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Bagi anda yang melakukan aktifitas yang padat, berikut beberapa strategi yang mungkin bisa anda terapkan agar tetap dapat mengkhatamkan Surat Al-Kahfi pada hari jum’at, bacaan Surat Al-Kahfi dapat dibagi dalam 4 sesi, sebagai berikut:

1. Dibaca selepas magrib pada kamis malam/malam jum’at dimulai dari ayat 1-31. Pada ayat-ayat ini menceritakan Kisah Ashabul Kahfi

2. Dibaca selepas isya pada malam kamis/malam jum’at dari ayat 32-59. Ayat-ayat ini menceritakan tentang Kisah 2 Pemilik Kebun

3. Dibaca selepas subuh hari jum’at mulai dari ayat 60-83, ayat-ayat ini menceritakan Kisah Nabi Musa dan Khidir

4. Dibaca selepas dzuhur mulai dari ayat 84-110, ayat-ayat ini menceritakan tentang Zulkarnain dan Yakjuj Makjuj.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply