Anggota DPD-RI Asal Aceh Angkat Soal Integrasi Pajak dan Zakat di Aceh,Dalam Rapat Kerja Komite IV DPD RI dengan OJK

 Nanggroe, Politik
banner 468x60

H.Sudirman (Haji Uma) Anggota DPD-RI Asal Aceh

Detektifaceh.com,Jakarta – Anggota Komite IV DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma mengangkat perihal terkait integrasi pajak dan zakat bagi Aceh pada rapat kerja Komite IV DPD RI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019) siang.

Dalam penyampaiannya, Haji Uma menyatakan bahwa konsep integrasi zakat dan pajak, dimana zakat menjadi pengurang pajak penghasilan bagi wajib pajak menjadi sangat penting, tidak hanya pengurang penghasilan terkena pajak.

“Hal ini penting, khususnya bagi Aceh dan juga Indonesia secara keseluruhan dengan populasi umat muslim yang mayoritas”, ujar Haji Uma.

Haji Uma menambahkan, dengan status Aceh yang berlaku sebagai daerah otonomi khusus dibawah payung hukum UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, peluang bagi penerapannya sangat memungkinkan, namun perlu kesamaan pandang serta political will dari pemerintah pusat terkait hal tersebut.

Rapat Anggota DPD-RI Komite IV

“Terkait zakat sebagai pengurang pajak, saat ini menjadi wacana yang terus menguat. Bahkan DPD RI melalui Komite IV telah mengusulkan hal itu melalui RUU Pajak Penghasilan pada periode lalu”, ungkap Haji Uma.

Selain perihal tersebut, Haji Uma juga turut mempertanyakan kepada OJK menyangkut sistem pengawasan terhadap implementasi jasa keuangan baik bank maupun non-bank.

Karena menurut Haji Uma, dalam implementasi dilapangan, beberapa lembaga jasa keuangan terutama menyangkut sistem perkreditan yang suku bunganya sangat memberatkan masyarakat.

Dari hasil rapat antara Anggota Komite IV DPD RI dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Para Anggota DPD RI akan meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. (*)

Artikel ini sudah tayang di Acehsatu.com dengan judul “Rapat Kerja Komite IV DPD RI dengan OJK, Haji Uma Angkat Soal Integrasi Pajak dan Zakat di Aceh”

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply