Voetbal Of Aceh,Sebuah Klub Sepak Bola Asal Aceh Yang Pernah Berjaya di Indonesia

 Sejarah
banner 468x60

Klub VOA Bireuen

 

Detektifaceh.com – Banyak orang yang tidak tahu tentang Voetbal Of Aceh aTAU VOA yang merupakan klub sepak bola pertama yang bermarkas di Bireuen, Di era 1930-1950, klub ini salah satu klub terkuat di Sumatera.Namun, seiring semakin banyaknya klub sepak bola lahir di Tanah Air, riwayat VOA Bireuen justru meredup bahkan kini tak terdengar lagi. Padahal, klub ini dulu terkenal tangguh dan tak terkalahkan untuk wilayah Sumatera dan pulau Jawa, terutama pada era penjajahan Belanda.

Di kutip dari Kompas.com Nurdin Ishak,bertutur tentang kisah jaya VOA Bireuen. Dia merupakan salah satu mantan pemain VOA pada 1930-anKlub VOA, kata Nurdin, memiliki lapangan bola sendiri di lahan hadiah dari Ampon Chiek Kuta Krueng. Lapangan tersebut berada di pusat pasar, bersebelahan dengan pasar ikan tempo dulu. Kini, lapangan bola milik VOA sudah tergusur pembangunan kota Bireuen di Kabupaten Bireun, Nanggroe Aceh Darussalam.

Menurut Nurdin, masa jaya VOA Bireun dipelopori tokoh dan pemain senior, seperti pelatih Faridaus Siregar, Geuchiek Ishak Pulo Kiton, dan Guru Mud. Ada pula Abdullah Badu dari klub Sinar Peusangan, dan Yakob dari Takengon.Dari seluruh pemain senior dan junior VOA Bireuen, semuanya direkrut dari putera daerah dan tidak merekrut pemain sewaan dari luar wilayah Bireuen apalagi pemain asing.

Namun pada Akhir tahun 1950-an kejayaan VOA Bireuen mulai meredup. Manajemen sudah tidak solit, para pemain juga sudah berpencar, ada yang pindah tugas ada pula yang sudah menanjak tua.Melansir dari salah satu website,Baru pada tahun 1960-an muncul lagi klub sepak bola di Bireuen dengan label Persatuan Sepak Bola Kota Bireuen (PSKB). Nurdin Ishak sendiri mengikuti jejak ayahnya.Ketika itu PSKB hanya berlaga di seputaran Aceh saja. Setelah itu persepakbolaan di Bireuen tenggelam.

Klub sepak bola di Bireuen bangkit lagi pada tahun 1970. Tokoh-tokoh sepak bola di Kabupaten Bireuen membentuk klub baru yaitu Persatuan Sepak Bola Seluruh Bireuen (PSSB). Pemain-pemain bola berpotensi muncul lagi.PSSB Bireuen berhasil menempati Divisi II PSSI sampai 1990. Pada tahun 1991, PSSB menjadi satu-satunya tim dari kecamatan yang mampu meloloskan diri ke Divisi I PSSI.

Ketika Kecamatan Bireuen merubah status menjadi kabupaten pada tahun 1999, klub PSSB termasuk tim sepak bola yang disegani di Sumatera. Tahun 2006, PSSB di bawah binaan Mustafa A. Glanggang (Bupati Bireuen ketika itu), mampu promosi ke kasta elit sepak bola Indonesia yakni divisi utama.Dan Seiring Berjalannya waktu Kini PSSB menuai masalah, dari masalah gaji pemain yang belum dibayar miliaran rupiah, hingga masalah kepengurusan.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply