5 Kuliner Khas Dari Aceh Yang Harus Anda Coba Ketika Berkunjung Ke Aceh

 Nanggroe, Wisata
banner 468x60

Kuliner Khas Aceh,Ayam Tangkap

Detektifaceh.com – Orang Aceh adalah pencinta makanan, bisa dilihat dengan banyaknya jumlah tempat makan atau restoran. Mulai dari restoran yang ber-AC hingga ke kaki lima. Semua makanan yang ditawarkan menggugah selera.Selain itu, hasil laut dan bumi yang melimpah membuat olahan makanan di Aceh sangat bervariasi.Berikut kita akan mengulas 5 Kuliner khas dari Aceh.

1.Kuah Beulangoeng

Kuah Beulangong bisa diartikan sebagai Kari khas Aceh. Biasanya Kuah Beulangong disajikan dengan potongan daging ayam, sapi, atau kambing Kuliner satu ini merupakan kuliner khas Aceh Besar. Beulangong sendiri merupakan sebuatan warga Aceh untuk menyebut sebuah belangga besar yang digunakan untuk memasak kari ini.Aroma kuliner ini sangat sedap karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang beragam.ang membedakan kari khas Aceh ini dengan yang lain adalah kuahnya tidak menggunakan santan melainkan menggunakan kelapa yang diparut dan dioseng bersama bumbunya.

2.Ayam Tangkap

Ayam yang digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu, seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau. Daun temuruinya biasanya disajikan dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti ayam yang tertangkap. Ini alasan mengapa ayam ini diberi nama Ayam Tangkap.

3.Sate Matang

          Sate Matang adalah makanan khas Aceh berisikan daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian di bakar.Sate ini terkenal karena dagingnya yang empuk, karinya yang lezat dan bumbu kacangnya yang gurih.

4.Mie Aceh .

Nama kuliner Aceh satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga karena di berbagai daerah banyak yang menjualnya. makanan yang menarik dari Aceh, dapat kita icipi dengan dua cara, yaitu dengan di goreng atau juga dengan kuah. Mie yang dimasak dengan berbagai macam rempah yang menggugah selera makan. Biasa ditawarkan dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi,dan udang.

5.Kuah Pliek

Gulai khas Aceh ini dilengkapi dengan daun dan buah mlinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun singkong, daun pepaya, dan daun kecombrang,Seperti Namanya bahan dasar yang digunakan dalam membuat gulai ini adalah Plik U,Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi.

Itulah 5 kuliner khas aceh,dan selain 5 yang sudah kami bahas masih sangat banyak lagi kuliner dari Aceh dan tentu sangat menggugah selera,jangan lupa untuk mencicipi ketika mengunjungi Aceh

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply