5 Tempat Wisata Menarik Yang ada Di Aceh Barat

 Nanggroe, Wisata
banner 468x60

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Aceh

Detektifaceh.com – Dulu Kabupaten dengan Ibukota meulaboh ini terbilang cukup luas,kemudian wilayah Aceh Barat dimekarkan menjadi 2 (dua) Kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Selatan. Aceh Barat sangat berkaitan dengan sejarah Meulaboh,Meulaboh sudah berumur 400 tahun lebih terhitung dari saat naik tahtanya Sultan Saidil Mukamil (1588-1604)

Terkait dengan wisatanya,Aceh Barat mempunyai tempat wisata yang sangat banyak,terlebih dengan wisata Baharinya,berikut kita akan mengulas beberapa tempat wisata yang ada di Aceh Barat.

1.MONUMEN KUPIAH MEUKUTOP

Monumen yang berlokasi di Desa Pasi Suak Ujong Kalak, Aceh Barat ini didirikan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan dari Teuku Umar, karena di lokasi monumen bebentuk kupiah meukutop inilah pada 11 Pebruari 1899 Teuku Umar gugur saat bertempur melawan pasukan Belanda.Selain dapat melihat sebuah tugu unik berbentuk kupiah tradisional Aceh sebagaimana yang dikenakan Teuku Umar, pengunjung yang datang ke lokasi juga dapat membaca sejarah perjuangan Teuku Umar lewat relif yang menempel di dinding.

2.PANTAI LANAGA

Pantai Lanaga yang hanya berjarak sejauh 5 km dari jantung Meulaboh ini merupakan pantai yang ramai dikunjungi wisatawan, karena selain bebas retribusi, pemandangannya juga tidak kalah cantik dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru dan sangat jernih. Indah dan sejuk dengan lambaian pucuk-pucuk daun kepala ketika angin berhembus membuat suasana menjadi lebih tenang di pantai Lanaga. Maka tak heran bila ada yang menjuluki pantai ini sebagai pantai Nirwana dimana kecantikannya bisa digambarkan bak surga dunia.

3.AIR TERJUN PUNGKIE

Air terjun ini berjarak lebih kurang 45 kilometer dari kota Meulaboh yang berada di Gampong Pungki, kecamatan Sungai Mas, kabupaten Aceh Barat. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menjadikan Tempat Wisata alam ini sebagai wisata yang islami masyarakat setempat juga sangat mengharapkan agar wisatawan yang datang agar tidak melanggar adat istiadat dan syariat Islam yang sudah diterapkan di Aceh Barat.

4.PANTAI UJOENG KARANG

Pantai Ujung Karang berada di Desa Suak Indrapuri, kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat.Sunset yang eksotis menjadi daya tarik utama dari Pantai Ujong Karang. Hingga kini masih banyak pengunjung yang menghabiskan waktu dengan duduk santai di pondok-pondok beratap rumbia sambil menikmati deburan ombak yang menghantam karang. Pantai Ujong Karang memang hanya untuk dinikmati keindahannya, karena terlalu berisiko untuk digunakan mandi dan berenang mengingat pantai ini masuk kawasan pantai barat yang dikenal dengan ombaknya yang besar.

5.DANAU GEUNANG GEUDONG

Geunang-Geudong merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Gampong Putim,Kabupaten Aceh Barat.Bentuk dari Geunang-Geudong ini adalah danau yang dikelilingi oleh pepohonan. Luas genangan air ini meliputi 3 desa atau ± 7 ha.Rimbunnya pepohonan akan membuat siapa saja yang datang merasa segar santai dengan tiupan lembut angin Geunang-Geudong.

Itulah 5 tempat wisata yang ada di kabupaten Aceh Barat,jangan lupa mengunjunginya ketika anda berkunjung ke Kabupaten Ini.

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply