Aceh Raih Kemenangan Di Tiga Kategori Pada Nominasi API 2019

 Headlined, Nanggroe, Wisata
banner 468x60

Aceh Raih Kemenangan Di Tiga Kategori Pada Nominasi API 2019 (Foto: Ricardo/JPNN)

Detektifaceh.com,Banda Aceh – Anugerah Pesona Indonesia (API) adalah rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenparekraf Guntur Sakti mengatakan API merupakan acara yang positif. Karena, melalui ajang ini wisata di daerah menjadi dikenal publik.

“Harapannya ajang ini menjadi cara efektif dalam mempromosikan berbagai objek dan destinasi wisata populer di tanah air,” tutur Guntur.

Ketua Panitia Penyelenggara API 2019 Hiro Kristianto juga mengatakan, penyelenggaan API ini bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah (Pemda) untuk mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Melalui ajang API kami ingin mengangkat dan memopulerkan seluruh potensi pariwisata Indonesia dari perkotaan hingga yang ada di pelosok desa,” ungkap Hiro.

Pada tahun 2019 ajang Anugerah Pesona Indonesia memiliki 18 kategori yang di perlombakan dan ajang ini diikuti oleh 34 provinsi dan 143 kabupaten/kota dengan menampilkan 180 nominasi yang tersusun dalam 18 kategori. Dan Provinsi Aceh masuk dalam 7 nominasi diantaranya adalah Makanan tradisional, ekowisata,cenderamata, atraksi budaya,festival pariwisata,destinasi unik,dan surga tersembunyi.

Dari ketujuh nominasi yang masuk,Provinsi Aceh mampu membawa pulang juara dalam 3 kategori yaitu Dari kategori destinasi unik Kilometer Nol Sabang,kemudian Mangrove Forest Park Langsa pada kategori ekowisata terpopuler,dan Tansaran Bidin Bener Meriah dalam kategori Surga tersebunyi terpopuler.

Seperti mengutip dari website Disbudpar Aceh, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Jamaluddin, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas keberhasilan tiga daerah di Aceh yang berhasil mendapatkan penghargaan tingkat nasional tersebut.

“Yang pertama kami ucapkan selamat untuk Kota Langsa, Kota Sabang, dan Kabupaten Bener Meriah. Semoga dengan terpilih dan menjadi juara di Anugerah Pesona Indonesia 2019 ini, menjadi sarana bagus untuk mempromosikan potensi wisata daerah dan pastinya kita harapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah,” tutur Jamaluddin.(*)

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply